20 April 2024

Halal bi Halal Ngentak 1445 H/2024 M

Hajatan besar kampung Ngentak tahun 2024 kembali digelar, yakni Halal bi Halal. Sabtu, 20 April 2024 pukul 19.30 WIB bertempat di serambi masjid Al-Istiqomah acara rutin ini dilaksanakan. Meski cuaca sore sempat gerimis, namun hampir seluruh warga yang terdiri sesepuh, para bapak, ibu-ibu, pemuda dan anak-anak terlihat hadir. Semua nampak ceria memenuhi ruang serambi dan halaman masjid. 

Foto: Heru Sudjanto

Selaku MC malam itu adalah Rafli Hermawan dan Dilla Tasya Rahayu yang serasi mengenakan busana kehijauan. Seusai acara pembukaan, dilanjutkan pembacaan kalam Illahi oleh Bpk. Wahyudi dari Miri. Setelahnya, acara ketiga adalah pembacaan dzikir pinuwunan yang dipimpin oleh Bpk. Ponimin selaku imammudin. Sesudah dzikir pinuwunan, dilanjutkan sambutan ketua panitia oleh Bpk. Muhammad Sigit Nurcahyo. Dalam sambutannya, bapak Sigit mengucapkan banyak terimakasih kepada seluruh warga Ngentak yang telah hadir dan juga memberikan bantuan dalam bentuk apapun. Tidak lupa, bapak Sigit juga memohon maaf jika dalam persiapan dan pelaksanaan acara halal bi halal terdapat kekurangan.

Acara selanjutnya dilanjutkan pembacaan ikrar syawal oleh ketua panitia sebagai berikut :

Astaghfirullahaal’adhiim  3 X

Kepareng matur,  dateng panjenengan sedoyo, keluargi ageng masyarakat Kukuban Kampung Ngentak,  lan ingkang rawuh wonten ing meniko papan, Kanti  atur : 

  • Sugeng Riyadi, Taqabbalallahu minna wa minkum wa ja’alana wa iyyakum  minal aidin wal faidzin, Ngaturaken sedoyo kalepatan soho doso kulo, saking arah punopo kemawon saestu nyuwun agunging samudro pangaksami, 
  • Semanten ugi,  mbok menawi panjenengan sedoyo, kagungan kesalahan lan kalepatan dateng kulo, kanti linambaran manah ikhlas, kulo ugi nyaosi pangapunten,  dateng panjenengan sedoyo.
  • Mugi Allah, ingkang Moho welas lan Asih, kerso paring pangapuro, dateng sedoyo doso-doso kito.
  • Mugi Allah ingkang Moho Kuwaos, kerso paring dateng kito sedoyo,  kasarasan, yuswo ingkang panjang lan manfaat, rezki ingkang  halal, kathah  lan barokah.
  • Mugi Allah SWT paring dateng kito sedoyo puto lan wayah ingkang sholih lan  sholihah, cerdas lan terampil bektos dateng tiyang sepuh lan gurunipun.
  • Mugi Allah ingkang Moho Wicaksono, paring dateng kito sedoyo Keluargo ingkang sakinah mawadah warohmah, putro lan wayah ingkang migunani dateng agami, nuso lan bangso.
  • Amiin..aamiin…Ya Robbal ‘alamiin

Rangkaian acara berikutnya adalah berjabatan tangan yang dipandu oleh Bpk. Rudi Santosa. Para sesepuh atau yang dianggap sepuh menerima jabat tangan dari warga, sebagai simbol permohonan maaf atas kesalahan yang telah diperbuat.

Sebagai acara inti, hikmah Syawal, disampaikan oleh Bpk. Slamet Riyadi Nur Salam dari Wonokromo. Beliau menyampaikan banyak hal terkait ibadah Ramadhan dan hablumminannas (hubungan antar manusia). "Tradisi syawalan memang hanya ada di Indonesia, tapi baik untuk dilaksanakan", ujar beliau. Di sela-sela tausiyahnya, pak Slamet Riyadi melontarkan humor segar yang membikin cair susana. Acara hikmah Syawal ini diakhir dengan memanjatkan doa bersama yang dipimpin Bpk. Slamet Riyadi Nur Salam.

Setelah satu demi satu acara terlaksana, MC menutup acara Halal bi Halal dengan lafal hamdalah. Rekaman kegiatan halal bi halal tersebut bisa disimak di sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar