11 April 2010

Tour de Suramadu+Lapindo

Bermula dari obrolan saat ronda hari Rabu, 31 Maret 2010 di rumah bpk. Barata, muncul keinginan untuk mengunjungi lumpur Lapindo. Keinginan ini langsung diiyakan oleh hampir semua peserta ronda. Maka, hari keberangkatan ditentukan Sabtu, 10 April 2010 pukul 23.00 WIB. Selain itu anggaran juga disusun, ditentukan sebesar Rp. 130.000,00 per orang.

Sebagai peserta adalah Bpk. Mardiyo, bpk. Mardiyanto, bpk. Sugiyono, bpk. Nahrowi, bpk. Medi, bpk. Abdul Rokhimin, bpk. Tris (Dolikan), bpk. Suraji, bpk. Ibrahim, bpk. Heru Sudjanto, bpk. Barata dan bpk. Totok (driver). Ikut juga dalam rombongan adalah Rizki dan Tia, keduanya putera bpk. Abdul Rokhimin.


Menggunakan kendaraan KIA Travello, rombongan berangkat hari Sabtu, 10 April 2010 pukul 22.30 WIB. Sebelum melihat lumpur lapindo, rombongan terlebih dulu menuju jembatan Suramadu. Jembatan sepanjang 5.438 km ini memang membuat terkagum-kagum bagi melihatnya, termasuk rombongan dari Ngentak. Dengan terlebih dahulu membayar retribusi sebesar Rp. 30.000,00 sekali melintas untuk mobil, rombongan tiba di pulau Madura pukul 06.30 WIB. Setelah melepas lelah sejenak mereka kemudian menyantap sarapan pagi yang sudah disiapkan sejak dari Bantul, berupa nasi, bebek goreng, sambal dan lalapan.Cuaca yang cerah seakan-akan telah menghilangkan rasa lelah setelah menempuh perjalanan selama kurang lebih 8 jam.

Setelah dirasa cukup, rombongan kembali melanjutkan perjalanan menuju kawasan lumpur Lapindo di Sidoarjo. Tiba pukul 09.00 WIB, bau belerang langsung tercium para pengunjung yang datang. Hamparan lumpur yang luas, dengan kepulan asap di sana-sini membuat miris setiap yang melihatnya. Demikian juga dengan bapak-bapak dari Ngentak yang begitu terharu menyaksikan bencana lumpur tersebut. Sambil berboncengan mengendarai sepeda motor yang disewakan tukang ojek, bpk. Nahrowi dan kawan-kawan berkeliling di kawasan bencana. Udara panas menyengat jelas tidak bisa dibandingkan dengan penderitaan yang dialami para warga yang terkena musibah. Pukul 11.00 WIB rombongan meninggalkan lokasi, untuk kembali pulang ke Ngentak Bantul.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar