10 September 2023

Studi Tiru ke Masjid Jogokariyan

Takmir masjid Al-Istiqomah Ngentak membuat gebrakan. Sesuai kesepakatan pertemuan rutin malam Jumat Kliwon, takmir akan melakukan studi tiru ke masjid Jogokariyan. Kegiatan ini dilaksanakan hari Ahad, 10 September 2023. Rombongan yang terdiri Bpk. Sudiro, Bpk. Rudi Santosa, Bpk. Heru Sudjanto, Bpk. Ngatiyo, Bpk. Abdul Rokhimin, Bpk. Mustijo, Bpk. Eko Sudaryanto, Bpk. Muh. Sigit Nurcahyo, Bpk. Robet dan Bpk. Parno berangkat pukul 04.00 WIB menggunakan dua mobil. 

Rasa kantuk dan udara dingin seakan-akan tidak dirasakan rombongan. Mereka tampak semangat menimba ilmu ke masjid yang terkenal seantero nusantara itu. Tiba menjelang adzan Subuh berkumandang, rombongan langsung berwudhu dan menuju lantai 2 masjid Jogokariyan. Subhanallah, terlihat banyak sekali jamaah yang bersiap melaksanakan sholat Subuh. Hampir memenuhi seluruh shaf masjid, baik yang di lantai dasar atau di lantai atas.

Seusai menjalankan sholat Subuh, hampir seluruh jamaah mendengarkan kultum yang disampaikan salah seorang takmir masjid Jogokariyan. Mereka tampak khidmat menyimak. Baik jamaah laki-laki atau jamaah perempuan, seakan-akan enggan kehilangan ilmu yang sedang mereka peroleh. Selama kurang lebih 10 menit, kultum pun diakhiri. 

Acara utama pun tiba. Rombongan takmir Al-Istiqomah Ngentak pindah ke aula untuk mendengarkan paparan materi studi tiru. Rombongan dari Bogor, Jawa Timur dan lainnya juga telah siap menyimak. Menggunakan slide projector, pemateri menyampaikan beragam kegiatan yang dilaksanakan di masjid Jogokariyan seperti kegiatan Ramadhan, Takbiran, Penyembelihan hewan qurban, pasar tiban dan lain sebagainya. Tak hanya itu, sejarah berdiri, program-program unggulan, trik penggalian dana juga disampaikan secara detail. "Pernah pada periode tertentu, takmir menghentikan pembangunan fisik masjid, tetapi lebih fokus pada apa yang dibutuhkan jamaah", ujar pemateri. Sembari menikmati roti dan air mineral yang disuguhkan, jamaah tampak antusias sampai menjelang akhir acara. Sebagai closing, pemateri memberikan cinderamata berupa buletin Bulif kepada perwakilan rombongan. "Sungguh bermaanfat dan luar biasa", kata salah satu peserta.

Akhirnya, setelah berfoto bersama, rombongan takmir Al-Istiqomah berpamitan kepada takmir masjid Jogokariyan untuk pulang ke Ngentak, Dagen, Pendowoharjo, Sewon, Bantul. Sungguh pengalaman baru yang sangat bermanfaat.

Foto: Parno

Dokumentasi lengkap bisa diakses melalui tautan berikut :
Video 1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar